» » DKI sebut tidak ada penghapusan LPJ operasional RT/RW, hanya peniadaan kuitansi
News, Health, Fashion, Otomotif, and Insurance
Article information
  • Tanggal: 7-12-2017, 16:07
7-12-2017, 16:07

"DKI sebut tidak ada penghapusan LPJ operasional RT/RW, hanya peniadaan kuitansi"

DKI sebut tidak ada penghapusan LPJ operasional RT/RW, hanya peniadaan kuitansi


Rencana Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan wakilnya Sandiaga Uno menghapus laporan pertanggungjawaban (LPJ) dana operasional RT/RW dipertanyakan. Kepala Biro Tata Pemerintahan DKI Jakarta, Premi Lasari, coba meluruskan agar tak ada pemahaman yang berbeda.

Dia menjelaskan, tidak benar jika pemprov menghapus LPJ dana operasional untuk RT/RW. Menurutnya, LPJ tetap ada tetapi dibuat lebih sederhana.

"Ya betul penyederhanaan. Dan pertanggungjawaban mereka kepada masyarakatnya. Pak gubernur mencoba konsep gerakan kebersamaan. Gimana masyarakat kita ikut aware," katanya saat dihubungi, Kamis (7/12).

Untuk mengatur mekanisme penyederhanaan, Premi mengatakan, Surat Keputusan Gubernur 1197 tahun 2017 Terkait dengan mekanisme penyaluran uang penyelenggaraan tugas RT/RW akan direvisi.

"Karena memang SK gubernur terakhir 1197 tahun 2017 itu kita memerintahkan ada beberapa formulir yang harus diisi pak RT/RW. Ini yang mau kita sederhanakan," jelas dia.

Premi mengatakan, selama ini LPJ yang harus dibuat pengurus RT/RW sangat menyusahkan terlebih harus melampirkan kuitansi sebagai bukti. Rencananya, itulah yang akan dihapus. Ke depannya, pencatatan akan dilakukan oleh Sekretaris dan Bendahara RT/RW karena sifatnya kolektif kolegial.

"Pencatatan itu adanya di RT/RW. Kalau memang masyarakat enggak percaya, kan mereka juga dipilih oleh masyarakat," ujarnya.

Sebelumnya, Anies juga heran kenapa ide tersebut sudah diributkan padahal baru rencana.

"Itu sebenarnya masih dalam proses penggarapan tuh, sudah ramai duluan. Belum, belum (ada keputusan)," ujar Anies di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Rabu (6/12).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengakui penghapusan laporan pertanggungjawaban dana operasional itu sempat diperbincangkan dengan para Ketua RT/RW. Namun informasi tersebut langsung terpublikasi sehingga memicu kontroversi.

"Cuma kemarin itu kan lagi ngobrol, sudah ramai. Makanya kalau lagi obrolan warga diliput itu ramai jadinya," kata dia.

Artikel ini disalin dari:
https://www.merdeka.com/jakarta/dki-sebut-tidak-ada-penghapusan-lpj-operasional-rtrw-hanya-peniadaan-kuitansi.html
Loading...
Dear visitor, you are browsing our website as Guest.
We strongly recommend you to register and login to view hidden contents.